Jember Kota Pandhalungan

Wabup Jelaskan Situasi Penyebab Penyusunan RAPBD Menjadi Lama

Wakil Bupati Drs. KH. Abdul Muqit Arief menjelaskan situasi yang menyebabkan proses penyusunan Perubahan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (PAPBD) 2016 Kabupaten Jember menjadi lebih lama.

“Saya sampaikan, informasi yang lebih komprehensif kepada masyarakat Jember tentang beberapa perkembangan situasi yang diluar kelaziman dari tahun-tahun sebelumnya,” ujar wabup.

Wabup menyampaikan hal itu saat pidato dalam Rapat Paripurna DPRD Kabupaten Jember tentang penyampaian nota pengantar Rancangan Perubahan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (RAPBD) tahun Anggaran 2016 di DPRD Jember, Senin (7/11/2016).

Pertama, tentang besaran alokasi Dana Alokasi Umum (DAU) yang diterima pada tahun anggaran 2016. “Dalam perjalanannya, pemerintah pusat melakukan penundaan penyaluran sebagian DAU kepada 169 kabupaten/kota termasuk Kabupaten Jember,” jelasnya.

Penundaan itu diatur dalam Peraturan Menteri Keuangan nomor 125/PMK.07/2016 tentang Penundaan Penyaluran Sebagian Dana Alokasi Umum (DAU) tahun 2016. Penundaan itu sebagai salah satu langkah pengendalian pelaksanaan APBN 2016.

Kedua, pada sisi alokasi Dana Alokasi Khusus (DAK). Terjadi penambahan DAK fisik dan non fisik yang disebabkan adanya re-alokasi pendapatan Tunjangan Profesi Guru (TPG). Dana ini sebelumnya termasuk Kelompok Pendapatan Lain lain Pendapatan Daerah yang Sah pada Jenis Pendapatan “Dana Penyesuaian dan Otonomi Khusus” berubah menjadi Dana Alokasi Khusus Non Fisik.

Dalam perjalanannya, berdasarkan surat Dirjen Perimbangan Keuangan Kementerian Pusat merekomendasikan untuk menghentikan penyaluran TPG triwulan ketiga untuk menjaga likuiditas keuangan daerah, sehingga alokasi pendapatan TPG pada tahun anggaran 2016 disesuaikan sesuai rekomendasi tersebut.

“Namun hal itu sudah diperhitungkan tidak akan mengurangi hak-hak para guru,” jelasnya. Selain itu, terdapat pengurangan alokasi DAK Fisik dan penambahan dari alokasi DAK Non Fisik yang belum teranggarkan pada APBD Jember tahun 2016. (*f2, Foto: Mutia)

No Response

Leave a reply "Wabup Jelaskan Situasi Penyebab Penyusunan RAPBD Menjadi Lama"