Wabup : Kebersamaan Antar Agama Harus Selalu Terjaga

Wakil Bupati Jember, Drs. KH. A. Muqit Arief menyampaikan bahwa kebersamaan lintas agama lintas iman di Kabupaten Jember tetap terjaga dan terselenggara seperti hari-hari sebelumnya, bagaimana kehidupan keberagaman di Kabupaten Jember bisa terus berlangsung damai harmonis dan selalu penuh kebersamaan. Hal ini disampaikan Wabup saat menghadiri silaturahmi pemuka Agama Kristen dan Katolik tokoh masyarakat dengan Forkompimda Kabupaten Jember, di Restoran Hotel Cempaka Jember, Selasa Sore (13/6/2017).

“Jika para tokoh bisa bersama-sama maka yang di bawah tingkatannya akan bisa semacam ini, ketika kita bisa duduk bersama semacam ini dan bisa kita tularkan kepada umat kita tularkan kepada jama’ah tidak pada tataran mengurus masalah keagamaan saja.” Tuturnya.

Banyak kegiatan positif yang bisa dilakukan dalam menjaga kebersamaan antar agama, diantaranya dapat di lakukan dengan lari atau olahraga bersama, bahkan membersihkan jalan bersama karena semua agama menekankan pentingnya kebersihan dan kesehatan kita. “Ajak anak-anak kita sehingga pada waktu semacam itu tidak ada siapa lagi yang bertanya siapa kamu, siapa saya, melainkan sama-sama warga Jember warga Indonesia.” Pesan Wabup dihadapan seluruh audiens yang menyimak pesan-pesan moral darinya.

Slogan Saya Indonesia Saya Pancasila bagi Wabup Kyai Muqit dapat di lakukan dengan tindakan nyata seperti melakukan kegiatan bersama antar lintas agama untuk hal yang bermanfaat bagi masyarakat. Seperti buka puasa bersama tersebut, padahal yang puasa muslim tapi yang menyelenggarakan saudara Kristiani, seperti inilah wujud dari rasa dalam membentuk kebersamaan khususnya kebersamaan antar lintas agama.

Sementara itu, Ketua Musyawarah Antar Gereja (MAG) Ignatius Sumarwiadi menyampaikan bahwa acara ini adalah sebuah keinginan dalam mewujudkan sebuah kebersamaan yang nyata, khususnya saat ini pada bulan suci romadhon.

Kebersamaan di Jember terbukti, Jember yang cukup damai dan tentram menurutnya dapat mempermudah agama lain untuk saling berinteraksi yang memberikan rasa aman dan nyaman berada di Kabupaten Jember. Pertemuan yang di harapkan tidak berhenti disini akan berlanjut dengan acara momentum-momentum yang lain. (Izza, Mutia)

No Response

Comments are closed.