Wabup : Liga Pelajar Jadi Ajang Pencarian Bibit

 

Berbagai upaya untuk turut memberikan kontribusi terhadap persepakbolaan nasional terus dilakukan. Beragam event guna menggairahkan sekaligus mengangkat prestasi sepakbola nasional digelar oleh banyak kalangan, baik masyarakat maupun pemerintah.

Dan dalam rangka itu juga, Pemerintah Kabupaten Jember melalui Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora), berusaha mengambil peran demi kemajuan persepakbolaan di tanah air, khususnya Kabupaten Jember. Gelar Liga Sepakbola Pelajar yang digagas Dispora Jember ini dinilai sangatlah tepat di saat prestasi sepak bola nasional tengah menurun.

“Di saat prestasi sepakbola nasional kita menurun, berbagai upaya telah dilakukan, diantaranya dengan mengintensifkan turnamen atau pertandingan sepakbola, baik yang digelar PSSI maupun pihak-pihak tertentu dalam rangka membangkitkan gairah persepakbolaan nasional,” ujar Wakil Bupati Jember, Drs.KH.Muqit Arief, dalam sambutannya pada pembukaan Pertandingan Sepak Bola Tingkat SMP/MTs dan SMA/SMK/MA, Rabu (8/11/2017).

Terobosan yang dilakukan Dispora Kabupaten Jember dengan menggelar pertandingan sepakbola tingkat SMP/MTs, SMA/SMK/MA, lanjut wabup, tidak lain untuk mencari bibit pemain yang bisa dibina agar menjadi pemain yang berkualitas dan profesional. “Saya atas nama Pemerintah Kabupaten Jember menyampaikan terima kasih atas terselenggaranya pertandingan ini disertai harapan, mudah-mudahan pertandingan sepakbola kali ini benar-benar dapat melahirkan pemain yang berkualitas, yang kelak dapat memberikan kontribusi terbentuknya timnas yang kuat. ” Kontribusi ini diharapkan mampu membangkitkan gairah persepakbolaan di Kabupaten Jember,” harap wabup.

Sementara Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga, Kabupaten Jember, dalam penjelasannya, memaparkan, bahwa tujuan dari digelarnya Liga Sepakbola Pelajar, pertama untuk meningkatkan prestasi olahraga, khususnya sepakbola, serta mencari bibit-bibit atlet sepakbola.

“Kegiatan ini sebagai wadah menumbuhkan rasa berkompetisi, memupuk, memelihara dan menggalang persatuan dan kesatuan di insan olahraga. Selain itu juga untuk meningkatkan kesehatan mental, jasmani dan rohani bagi insan olahraga serta untuk memotivasi pembinaan sepakbola di sekolah,” papar Dedi Nur Ahmadi.

Liga sepakbola pelajar yang akan berlangsung dari tanggal 09 Nopember s/d 20 Desember 2017 itu, dilaksanakan di beberapa lapangan sepakbola di Jember. Lapangan yang digunakan untuk liga pelajar ini antara lain, Lapangan Sepakbola Secaba Jember, Lapangan Sepakbola Yonif Raider 509 Jember, Stadion Notohadinegoro Jember, Stadion Jember Sport Garden (JSG).

Sedang jumlah peserta yang ikut dalam kegiatan ini terdiri dari tingkat SMP/MTs sebanyak 61 tim, tingkat SMA/MA/SMK sebanyak 30 tim. “Sasaran kegiatan ini adalah siswa di tingkat SMP dan SMA sederajat di Kabupaten Jember,” ungkap Dedi.

Menurut Dedi, masing-masing tim yang berhasil menjadi juara, baik Tingkat SMP maupun SMA akan mendapatkan uang pembinaan. Juara 1 akan mendapatkan uang pembinaan sebesar Rp 4.000.000, ditambah Trophy, Medali dan Piagam Penghargaan.

Juara II mendapatkan Rp 3.000.000, ditambah Trophy, Medali dan Piagam Penghargaan. Juara III, mendapatkan Rp 2.500.000, ditambah Trophy, Medali dan Piagam Penghargaan, dan Juara IV, mendapatkan Rp 2.000.000, ditambah Trophy, Medali dan Piagam Penghargaan

Untuk Pemain Terbaik, akan mendapatkan hadiah Rp 500.000, ditambah Trophy dan Piagam Penghargaan. Demikian pula bagi Pencetak Gol Terbanyak, akan mendapatkan,Rp 500.000, ditambah Trophy dan Piagam Penghargaan. (Mutia, Indra GM)

No Response

Comments are closed.