Wabup Resmikan 31 Kampung KB

249 views

Wakil Bupati Drs. KH. Abdul Muqit Arief meresmikan 31 Kampung KB (Keluarga Berencana), Rabu (20/09/2017). Peresmian dilaksanakan di Dusun Kraton, Desa Wonosari, Kecamatan Tempurejo.

“Kampung KB adalah satu kesatuan wilayah dengan kreteria tertentu setingkat desa atau dusun, yang di dalamnya ada program kependudukan keluarga berencana dan pembangunan keluarga yang terintegrasi dengan lintas sektor sebagai wujud nyata kerja pemerintah untuk melaksanakan Nawa Cita ketiga yakni membangun desa- desa dan daerah dari pinggiran untuk memperkuat Negara Kesatuan Republik Indonesia,” terang Wabup.

Komunitas terkecil dari NKRI, lanjut Wabup, adalah keluarga. Karena itu sangat penting melakukan pembinaan keluarga menuju kesejahteraan.

Dengan telah dicanangkan Kampung KB ini, Wabup berharap kegiatan organisasi perangkat daerah (OPD) memiliki fokus di daerah-daerah ini.

Dicontohkan tentang perlunya pengelolaan sampah, Dinas Kebersihan dan Lingkungan Hidup diharapkan mampu memberikan pemahaman pengelolaan sampah maupun pembangunan jamban rumah tangga.

Wabup juga mengajak masyarakat rajin mengonsumsi sayuran yang dihasilkan oleh petani setempat. Ini untuk menjaga kesehatan keluarga. “Jangan sampai masyarakat malah rajin konsumsi mi instan,” tegas Wabup, dengan berharap Dinas Pertanian memberikan pelatihan dan bimbingan menanam dan merawat sayuran serta tanaman obat.
Dinas Perikanan juga kebagian peran untuk meningkatkan gizi masyarakat, dengan memberikan pelatihan pengelolaan kolam ikan seperti lele, serta membuat kolam percontohan.

Fasilitas umum berupa jalan di Kampung KB, masih kata Wabup, harus mendapatkan perhatian dari Dinas Bina Marga dan Cipta Karya. Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) juga bisa membuat kegiatan bersama dalam mengatasi kekeringan yang bisa terjadi di musim kemarau saat ini. (*f2/Izza).

No Response

Comments are closed.