Jember Kota Pandhalungan

Wabup Sampaikan 10 Jawaban terhadap PU Fraksi DPRD

Wakil Bupati, Drs. KH. A. Muqiet Arif menyampaikan jawaban atas Pandangan Umum (PU) Fraksi-fraksi DPRD Kabupaten Jember terhadap rancangan Perubahan APBD 2016. Ada sepuluh pertanyaan yang dijawab dalam rapat paripurna, Rabu (9/11/2016).

Wabup juga menyampaikan ucapan terima kasih. “Semua pandangan dan penilaian yang telah disampaikan merupakan masukan yang sangat berharga untuk penyempurnaan Rancangan Perubahan APBD Tahun Anggaran 2016,” ujar Wabup.

Pandangan umum disampaikan fraksi-fraksi DPRD Kabupaten Jember pada Selasa (8/11/2016). Delapan fraksi menyampaikan penilaian dan memberikan masukan secara bergantian. Apresiasi fraksi juga diberikan terhadap kinerja Pemerintah Kabupaten Jember.

Dijelaskan oleh Wabup, jawaban terhadap pertanyaan yang muncul saat pandangan umum fraksi-fraksi disampaikan berdasar kelompok dan jenis pertanyaan.

Ada sekitar sepuluh kelompok pertanyaan. Pertama, realisasi belanja fokus untuk peningkatan pelayanan dasar dengan mengedepankan pemenuhan kepentingan masyarakat.

Kedua, peningkatan Pendapatan Daerah dan penerimaan pembiayaan. Ketiga, rendahnya serapan anggaran dan sisa waktu penyerapan sampai akhir tahun. Keempat, peningkatan pendapatan asli daerah.

Kelima, penundaan Dana Alokasi Umum (DAU) dan keterlambatan pengajuan Rancangan P-APBD 2016. Keenam, keterlambatan pencairan insentif guru ngaji. Ketujuh, gagalnya pelaksanaan pengadaan penerangan jalan umum (PJU).

Delapan, standarisasi besaran biaya pendidikan per siswa per tahun. Sembilan, percepatan dan optimalisasi kegiatan di bidang infrastruktur. Sepuluh, penetapan dua direktur perusahaan daerah.

Terkait saran dan masukan yang belum terjawab, Wabup berharap bisa dibahas lebih jauh dalam rapat komisi bersama Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD).

“Saya menyampaikan terima kasih sekaligus mengapresiasi atas saran dan masukan yang diberikan kepada Pemerintah Kabupaten Jember,” ujar Wabup. (*F2, Foto: Mutia)

No Response

Leave a reply "Wabup Sampaikan 10 Jawaban terhadap PU Fraksi DPRD"