Wabup : Seni Budaya Pemersatu Bangsa

Pemerintah Kabupaten Jember menyampaikan terima kasih kepada paguyuban seni wayang kulit Suryo Budoyo atas upaya menyelamatkan generasi muda melalui seni budaya.

“Kami menyampaikan terima kasih kepada semua pihak yang telah bertemu hati dengan generasi muda untuk mencintai seni budaya,” tutur Wakil Bupati Jember Drs KH Abdul Muqit Arief saat ulang tahun Suryo Budoyo, Rabu malam (22/11/2017).

Paguyuban seni wayang kulit Suryo Budoyo berulang tahun keempat. Perayaan peristiwa ini dengan menggelar pertunjukan wayang kulit semalam suntuk.

Gelar pertunjukan wayang kulit ini berlangsung di kediaman Ketua Suryo Budoyo, Miswadi, di Dusun Pondok Waluh, Desa/ Kecamatan Kencong.

“Suryo budoyo berangkat dari keprihatinan generasi muda kita saat ini,” jelas Wabup. “Ini adalah kegiatan untuk membentengi sekaligus menyelamatkan generasi muda,” lanjut Wabup.

Seni budaya, masih kata Wabup, secara tidak sadar telah menjadi pemersatu bangsa. Berbagai kelas sosial menikmati pertunjukan seni budaya.

Seni budaya sendiri tidak sekedar pertunjukan. Namun juga mengandung nilai nilai filosofis. “Wayang ini menjadi sarana bagi Wali Songo untuk menyebarkan agama Islam,” jelas Wabup.

Sementara itu, Wakil Ketua Suryo Budoyo Muhammad Taufik dalam sambutannya mewakili paguyuban menjelaskan tujuan awal berdirinya paguyuban Suryo Budoyo.

“Kami melihat satu permasalahan akhlak yang sangat luar biasa yang dialami generasi muda saat ini,” kata Muhammad Taufik.

Generasi muda telah melupakan nilai nilai budaya bangsa. Generasi muda juga terjerumus dalam narkoba dan pergaulan bebas.

“Pak Misnawi tergerak untuk membuat wadah guna menggali potensi potensi mereka,” ungkap Taufik. Misnawi sampai saat ini masih menjadi ketua paguyuban.

Meski melibatkan pemuda pemudi yang masih menuntut ilmu, kegiatan berkesenian tidak sampai mengganggu aktifitas belajar mereka.

Wayang kulit semalam suntuk memainkan lakon Wahyu Purbo Sejati dengan dalang Ki Adi Busono. “Wahyu Purbo Sejati merupakan wahyu yang diterima oleh Semar,” jelas Misnawi. (*f2/izza)

No Response

Comments are closed.