Wabup :”Seniman Harus Memiliki Kreatifitas Tinggi”

Seorang pelaku seni harus memiliki kreatifitas dan banyak ide untuk mengembangkan kesenian agar menyesuai perkembangan jaman.

“Kalau monoton suatu saat akan kurang diminati oleh masyarakat,” ujar Drs. KH. Abdul Muqit Arief, Wakil Bupati Jember di Rumah Budaya Pandhalungan, Senin (20/2/2017) malam.

Pandangan yang disampaikan dalam acara Ngaji Budaya dengan tema Mengkaji Filosofi Wayang itu didukung oleh akademisi budaya Ilham Z.

Ilham Z menyampaikan masih ada pertanyaan di masyarakat terkait Budaya Pandhalungan, yang dilihat banyak kemiripan dengan budaya-budaya di daerah lain.

“Budaya Pandhalungan itu terdiri dari berbagai unsur. Namun akhirnya memang harus ada kreatifitas,” jelas dosen Fakultas Ilmu Budaya Universitas Jember ini.

Wabup yang juga menjadi narasumber dalam Ngaji Budaya itu menambahkan, kreatifitas yang dikembangkan berdasarkan potensi di wilayah seni itu tumbuh, dengan tetap tidak meninggalkan nilai-nilai yang hendak disampaikan oleh seni tersebut.

Selain membahas topik wayang, dalam acara itu juga digelar wayang singkat, satu jam. Wayang dengan lakon Anoman Buto ini dimainkan oleh Dalang Cilik Aditya Rizki Dwi Darmawan, kelas 7H SMP Negeri 1 Ambulu.

Wayang, menurut Wabup, memiliki kesamaan dengan seni lainnya seperti cerita atau puisi. Yaitu sebuah media untuk menyampaikan pesan, seperti tentang kemanusiaan, keadilan. “Yang sebenarnya mengenai kehidupan nyata,” ujarnya sambil memberikan contoh novel karya Hamka. (*f2, Mutia)

No Response

Leave a reply "Wabup :”Seniman Harus Memiliki Kreatifitas Tinggi”"