Wabup : Tak Hanya Berkompetisi, Tapi Harus Bisa Membumikan Al Quran

Ada pesan khusus yang disampaikan Wakil Bupati Jember, Drs. KH. A. Muqit Arief, kepada para peserta yang akan mengikuti Lomba Musabaqoh Tilawatil Quran (MTQ) tingkat Propinsi di Pasuruan. Kepada 33 peserta yang akan mengikuti lomba MTQ, Wabup berpesan, bahwa perlombaan ini tidak semata hanya untuk berkompetisi guna meraih kejuaraan.

Namun lebih dari itu, semua peserta diminta untuk membumikan dan meningkatkan kecintaan masyarakat terhadap Al Qur’an, terutama di Kabupaten Jember. “Perlombaan ini tidak hanya untuk berkompetisi meraih kejuaraan, tetapi harus bisa membumikan Al Qur’an terutama di Kabupaten Jember. Meningkatkan kecintaan masyarakat Jember kepada Al Qur’an,” harap Wabup Muqit Arief, dalam acara Pelepasan Kafilah MTQ yang juga dihadiri Kepala OPD terkait, di Ruang Lobby Pemkab Jember, Rabu (27/09/17).

Permintaan Wabup ini selaras dengan Raperda Inisiatif DPRD, yakni pendidikan baca tulis Al-Qur’an demi membentuk manusia yang berahlak dan berwawasan Al-Qur’an. Untuk Pemkab Jember, masih akan membentuk Lembaga Pengembangan Tilawatil al Qur’an (LPTQ).

Lembaga ini sangat diharapkan bisa membantu mengamalkan ayat suci Al-qur’an, “Tidak hanya sekedar membaca Al-Qur’an, tetapi harus menerapkan di kehidupan sehari hari,” ujar Wabup.

Dikatakan Jember sebagai kabupaten religius, agamis, sebisa mungkin masyarakatnya berahlak qurani. Karena itu, seluruh peserta yang akan mengikuti lomba MTQ, diharapkan bisa berkompetisi dengan baik tanpa harus grogi, sebagaimana yang sudah diberikan oleh pembina.

Hal itu perlu menjadi perhatian dari seluruh peserta, karena membawa nama baik Jember di Tilawatil al Qur’an. “Berikan dampak positif bagi masyarakat Jember utamanya, bawa prestasi yang terbaik untuk Kafilah dan Kabupaten Jember,” pinta wabup.

Sementara itu, kafilah yang akan mengikuti lomba MTQ di Pasuruan, selain terdiri dari peserta, juga para orang tua pendamping. Total keseluruhan kafilah Jember yang akan turut serta dalam lomba MTQ, sebanyak 66 orang. Lomba MTQ itu sendiri, akan berlangsung dari tanggal 30 September 2047 – 8 Oktober 2017.

Mereka yang akan mengikuti lomba MTQ, sebelumnya telah diberi pembinaan hingga 3 kali. Sedang total keseluruhan kafilah Jember yang diberangkatkan dari Pemkab Jember termasuk orang tua pendamping, sebanyak 66 orang. (Ind/Mutia).

No Response

Comments are closed.