Jember Kota Pandhalungan

Wabup Terima Kunjungan Kerja Dari Empat Lawang

Pemerintah Kabupaten Empat Lawang, Sumatera Selatan, melakukan kunjungan kerja ke Pemerintah Kabupaten Jember. Dalam kunjungan ini, Wakil Bupati Jember, Drs. KH. A. Muqit Arief berserta jajaran SKPD terkait menerima kunjungan 11 orang rombongan dari Pemkab Empat Lawang yang dipimpin oleh Plt. Bupati H. Syahril Hanafiah, Rabu (26/10/2016). Kunjungan kerja dari Pemkab Lawang ini bertujuan untuk mempelajari cara pengolahan kopi yang ada di Kabupaten Jember.

Plt. Bupati Syahril mengatakan bahwa kunjungannya ke Jember ini dilatarbelakangi oleh kondisi geografis Empat Lawang yang memiliki kesamaan dengan Jember dalam bidang pertanian dan perkebunan. Selain itu, Empat Lawang juga memiliki produk perkebunan berupa kopi dan kakao. Namun, Empat Lawang yang merupakan kabupaten yang baru didirikan 9 tahun yang lalu, sehingga belum memiliki pengelolaan kopi sebaik di Jember. Selain kopi, Empat Lawang juga memiliki produksi andalan berupa karet, jagung, dan beras.

Empat Lawang memiliki produk andalan durian yang dikirim ke daerah lain di Indonesia, termasuk kopi yang kami kirim ke Lampung. “Sejak dulu, kami memiliki potensi yang bagus pada kopi. Akan tetapi, banyak petani yang menjualnya ke Lampung. Sehingga orang mengenal bahwa itu Kopi Lampung, padahal sebagian kopi itu dari kami. Makanya, kami berkeinginan ke Jember untuk melihat bagaimana pengolahan kopi ini dari awal, sehingga kami akan mengembangkan kopi di Empat Lawang,” terang Plt. Bupati Syahril.

Plt. Bupati Syahril juga mengucapkan terima kasih atas berkenannya Pemkab Jember menerima kunjungan kerja dari rombongan Pemkab Empat Lawang. Dalam hal ini, Plt. Bupati Syahril berharap akan dapat mempelajari lebih banyak mengenai pengolahan hasil pertanian dan perkebunan di Kabupaten Empat Lawang.

Di tempat yang sama, Wabup Muqit juga berharap kedua pemkab dapat saling belajar dan juga menambah persaudaraan. Atas nama kabupaten jember, Wabup Jember mengucapkan selamat datang atas kunjunganny dan berharap kunjungan kerja ini akan menjadi suatu yang bermanfaat bagi kedua belah pihak untuk Kabupaten Empat Lawang dan Kabupaten Jember. Kunjungan kerja ini tentunya tentunya akan menjadi sesuatu yang sangat bermanfaat bagi kedunya dalam rangka meningkat kesejahteraan masyarakat di kabupaten masing-masing.

Selaku tuan rumah, Wabup Muqit mengucapkan terima kasih atas kepercayaan Pemkab Empat Lawang yang menjadikan Pemkab Jember sebagai rujukan untuk mempelajari cara mengolah kopi, dan menjadi bahan studi komparatif. Sehingga, nantinya akan meningkatkan produksi olahan kopi di Empat Lawang. “Kami berharap kesempatan kunjungan kerja ini dapat dimanfaatkan sebaik-baiknya. Tidak menutup kemungkinan, kami akan berkunjung ke Empat Lawang suatu saat nanti untuk mempelajari potensi yang lebih baik yang belum kami miliki,” ujar Wabup Muqit dalam sambutannya.

Di dalam kesempatan tersebut, Wabup Muqit menyampaikan gambaran tentang Jember. Jember merupakan salah satu kabuaten yang menjadi barometer petumbuhan ekonomi di Jawa Timur. Jember juga memiliki hasil perkebunan berupa karet, kakao, kopi, tebu, dsb. Jember menjadi rujukan dari masyarakat kabupaten sekitar Jember dalam bidang pendidikan dan kesehatan. Secara geografis Kabupaten Jember merupakan daerah yang relatif subur sehingga menghasilkan banyak produk pertanian, perkebunan, dan perikanan. Pembangunan di Kabupaten Jember, diarahkan pada 6 program prioritas yakni pendidikan, kesehatan, pertanian, infrastruktur, ekonomi kerakyatan, dan penguatan lembaga pedesaan. “Berbicara mengenai kopi secara khusus, Jember memiliki area pengembangan kopi dan memiliki perusahaan yang mengelola pengembangan kopi, khususnya kopi robusta.

Jember juga memiliki program 1000 warung kopi berjaringan searah dengan program ekonomi kerakyatan. Kami membuat warung kopi yang lebih baik dengan cara melatih barista,” terang Wabup Muqit lagi.

Usai menyampaikan sambutannya dan dialog dari kedua pemkab, Plt. Bupati Syahril selaku perwakilan dari Kabupaten Empat Lawang menyerahkan cinderamata kepada Wabup Muqit selaku perwakilan dari Kabupaten Jember, dan juga sebaliknya. (*f3)

No Response

Leave a reply "Wabup Terima Kunjungan Kerja Dari Empat Lawang"