Jember Kota Pandhalungan

Wabup Terima Panitia Napak Tilas Sroedji

Audiensi Panitia Tapak Tilas Letkol. Moch. Sroedji yang di hadiri oleh Wakil Bupati Jember, Drs. KH. A. Muqit Arief beserta Jember beserta segenap jajaran SKPD terkait berlangsung di ruang rapat Pemerintah Kabupaten (Pemkab Jember) pada hari Kamis (2/2/2017).

Perkumpulan Satria Indonesia Nusantara mengadakan kegiatan Tapak Tilas Letkol. Moch. Sroedji sebagai wujud rasa cinta kepada bangsa dan negara serta ingin memberikan yang terbaik bagi perjalanan generasi ke depan walaupun dimulai dari lingkungan yang terbatas dan persoalan yang sederhana dengan harapan para generasi bangsa dapat mengerti dan merasakan bahwa negara ini didirikan bukan hanya dengan diskusi atas meja tetapi dengan keringat dan banting tulang.

Dalam mengenang jasa Pahlawan Letkol. Moch. Sroedji di laksanakan tapak tilas, kegiatan ini berbentuk jelajah alam dengan mengikuti rute perjuangan Letkol. Moch. Sroedji dan menjawab pertanyaan-pertanyaan berkaitan dengan sejarah bangsa dan nilai-nilai Pancasila.

Kegiatan ini akan di laksanakan selama dua hari yaitu pada hari sabtu 11/2/2017 dengan perubahan jadwal yaitu pada tanggal 25/2/2017 pada jam 6 pagi hingga jam 6 sore, start dimulai dari lapangan Kelurahan Mangli-Kaliwates dan finish awal di lapangan kawangrejo-Mumbulsari dan hari kedua pada hari minggu 12/2/2017 dengan perubahan jadwal menjadi 26/2/2017 pada jam 1 siang hingga jam 5 sore dengan start di lapangan kawangrejo-Mumbulsari dan finish di akhir tugu perjuangan Letkol. Moch. Sroedji di Desa Karangkedawung- Mumbulsari.

Dengan persyaratan peserta warga negara Indonesia, pria atau wanita berusia 16 hingga 21 tahun, satu regu berjumlah 10 orang terdiri dari laki-laki atau laki-laki dan perempuan, foto berwarna 3×4 sebanyak 3 lembar, membayar uang pendaftaran sebesar Rp100.000.

Terdapat penghargaan kepada peserta yaitu sertifikat untuk semua peserta, untuk juara 1 tropi dengan uang Rp. 2.000.000, juara dua tropi dengan Rp.1.000.000, juara tiga tropi dengan uang Rp.500.000. Fasilitas peserta berupa tanda peserta, Stiker, makan malam pada hari pertama dan makan pagi pada hari kedua.

Juga dilakukan pentas seni tari lah bako yang dilaksanakan pada hari Selasa 14/2/2017 dengan pergantian jadwal menjadi sabtu 4/3/2017 pada jam setengah tujuh tepat nya 18.30 hingga selesai, pada malam penutupan kegiatan tapak tilas yaitu pentas seni tarian lah bako, pesan dan kesan Bupati Jember, kesan dan pesan pengurus pusat Perkumpulan Satria Indonesia Nusantara dan do’a bersama bertempat di Balai Desa Karangkedawung.

Sejauh ini panitia telah melakukan persiapan yaitu persiapan administrasi kegiatan tapak tilas, survei rute, koordinasi dengan Kepala Desa yang berkaitan dengan rute perjuangan Moch. Letkol. Sroedji antara lain Kepala Desa Ajung, Kepala Desa Pancakarya, Kepala Desa Jenggawah, Kepala Desa Kawangrejo, Kepala Desa Mumbulsari Kepala Desa Suco, Kepala Fesa Lampeji, Kepala Desa Karangkedawung dan koordinasi dengan MUSPIKA masing-masing Kecamatan yang bersangkutan, belum dilaksanakan (menunggu proposal yang disetujui oleh Bupati Jember) begitupun dengan audiensi ini di harapkan mendapat arahan dan persetujuan dari Bupati Jember juga akan segera di lakukan pengiriman surat undangan kepada Bupati dan Wakil Bupati untuk bersedia membuka perjalanan tapak tilas. Sejauh ini pendaftar yang telah terkumpul sebanyak 30 regu dengan paling banyak dari siswa dan siswi SMA.

Wabup Kyai Muqit menyampaikan tanggapannya yaitu dalam kiprah sebagai pejuang bangsa Letkol. Moch. Sroedji harus di ketahui oleh masyarakat luas khususnya pada generasi muda yang perlu di kenalkan karena jika mendapat gelar pahlawan namun tidak semua masyarakat tau terhadap perjuangan pahlawan untuk itu Pemkab Jember berencana untuk membuat film dokumenter tentang Letkol. Moch. Sroedji yang akan di kenalkan di lembaga Pendidikan Kabupaten Jember.

Surat yang berkaitan dengan kegiatan agar segera di proses sehingga Pemkab dapat mengagendakan dan kegiatan ini merupakan kegiatan kecil dalam upaya besar untuk mengenalkan Letkol. Moch. Sroedji kepada masyarakat.
“Semakin banyak yang bantu semakin baik dan menunjukkan bahwa banyak yang peduli terhadap pahlawan kita karena jumlah nominal tidak terlalu penting untuk melakukan kebaikan.” Tuturnya. (Izza)

No Response

Leave a reply "Wabup Terima Panitia Napak Tilas Sroedji"