Jember Kota Pandhalungan

Wagub Hadiri Temu Kader Kampung KB

Ribuan kader Kampung KB dari lima kabupaten di wilayah Tapal Kuda menggelar temu kader di Balai Serba Guna Kaliwates, Kabupaten Jember, Kamis (17/11/2016). Kegiatan yang dilaksanakan oleh Perwakilan BKKBN Provinsi Jawa Timur itu bertujuan untuk meningkatkan komitmen dalam pelaksanaan program keluarga berencana.

Wakil Gubernur Jawa Timur Saifullah Yusuf menegaskan temu kader di Kabupaten Jember merupakan pertemuan ketiga setelah Surabaya dan Tulungagung. Kali ini tema yang diangkat “Dengan Temu Kader, Kita Satukan Langkah untuk Karya Nyata Membangun Keluarga Berkarakter Melalui Penggarapan Kampung KB.”

“Untuk memberikan rasa hormat, apresiasi kepada kader-kader KB dari berbagai daerah yang telah sukses membuat Jawa Timur menjadi salah satu propinsi yang tebaik dalam urusan KB,” tutur pria yang akrab disapa Gus Ipul ini.

Dijelaskannya, Provinsi Jawa Timur termasuk daerah dengan pertumbuhan penduduk yang rendah. “Kita masih dibawah rata-rata nasional,” jelasnya kepada sejumlah wartawan.

Pertumbuhan penduduk di Jawa Timur yakni 0,76. Sementara pertumbuhan penduduk secara nasional mencapai lebih dari 2. “Jadi ini suatu prestasi yang setiap tahun kita dapat, untuk itu sekali-kali kita kumpul seperti ini,” ujarnya.

“Untuk apa? Untuk memperkuat komitmen, meningkatkan keterampilan, silaturahim tukar menukar pikiran, dan sekaligus bagaimana kita mewujudkan program yang telah dicanangkan oleh presiden,” jelasnya.

Program Kampung KB, imbuhnya, merupakan program presiden. Program ini mencanangkan setiap desa memiliki satu Kampung KB. Namun, sebagai awalan, targetnya adalah setiap kecamatan memiliki satu Kampung KB.

“Sekarang ini targetnya seluruh kecamatan ada satu Kampung KB, itu berarti sekitar 664 atau 665 Kampung KB terbentuk dalam tahun 2017 – 2018,” ungkapnya.

Gus ipul menegaskan pemerintah Provinsi Jawa Timur ingin angka kelahiran tetap terkendali seperti saat ini. Upaya mempertahankan dengan memberikan pemahaman kepada remaja yang menjadi calon keluarga baru.

Para keluarga baru tersebut diberi pemahaman tentang kesehatan reproduksi. “Sasaran berikutnya keluarga yang punya anak dua atau tiga, ini kita rem. Lansianya juga dijaga,” jelas Gus Ipul. (*F2, Mutia)

No Response

Leave a reply "Wagub Hadiri Temu Kader Kampung KB"