Wakil Bupati Ikuti Pendidikan Pengembangan Ekonomi Daerah

Wakil Bupati Jember Drs. KH. Abdul Muqit Arief mengikuti Pendidikan Economic Leadership for Regional Govermeny Leader di Kampus Bank Indonesia Institute, Gedung D Jl. MH Thamrin, Jakarta Pusat.

“Yang menarik, ini dikaitkan dengan wawasan nusantara, wawasan kebangsaan. Ini menjadi sangat penting karena pembangunan ekonomi bisa menyebabkan kesenjangan, baik kesenjangan sosial maupun kesenjangan antar-daerah,” jelas Wabup, Kamis (18/1/2018).

Pendidikan ekonomi diikuti bupati, wali kota, gubernur, pimpinan legislatif, kapolda, dan pejabat internal BI di daerah dari seluruh Indonesia, mulai 17 sampai 19 Januari 2018.

Asosiasi Pemerintahan Kabupaten Seluruh Indonesia (APKASI) dan Bank Indonesia Institute menjadi penyelenggara.

Wabup menjadi salah satu peserta dari 35 peserta dari seluruh Indonesia, dan masuk dalam angkatan keriga.

Mengantisipasi kesenjangan tersebut, lanjut Wabup, akan ada kerjasama antar-daerah untuk pengembangan ekonomi. Kerjasama ini sesuai potensi di masing -masing daerah.

Wabup juga menjelaskan, dalam pendidikan ini para peserta dilatih untuk belajar banyak tentang hal-hal yang berkaitan dengan perekonomian daerah.

Seperti tentang inflasi dan perlunya memunculkan dan mengembangkan sumber – sumber ekonomi baru seperti pariwisata dan ekonomi kreatif. Materi lainnya terkait pengembangan ekonomi berkelanjutan dan peran Bank Indomesia dalam pembangunan perekonomian.

Dari pendidikan ini diharapkan para peserta dalam memberikan kebijakan -kebijakan tentang perekonomian tepat sasaran dan efektif.

“Ditarik ke skup lebih kecil Kabupaten Jember, bagaimana kita memunculkan sumber sumber pengembangan ekonomi baru di Jember,” ujar Wabup.

Dalam pendidikan ini, perekonomian Kabupaten Jember lebih ditekankan pada pengembangan pariwisata dan ekonomi kreatif.

“Kalau pengembangan ekonomi kreatif, saya kira Jember sudah baik, sudah bergerak,” ungkap Wabup di Kampus Bank Indonesia Institute, Gedung D Jl MH Thamrin, Jakarta Pusat.

Terkait pariwisata profesional, Wabup menyampaikan akan ada langkah-langkah kongkret baru dalam menangani pengembangan pariwisata profesional.

“Nanti akan ada langkah-langkah baru yang lebih kongkret guna menangani pariwisata di Jember,” ujar Wabup melalui sambungan telepon.

Wabup menilai, multiefek secara ekonomi dari pariwisata pariwisata terhadap perekonomian masyarakat sangat besar. (*f2/izza)

No Response

Comments are closed.