WISATA DELMAN, TRANSPORTASI KUNO YANG MASIH BANYAK DIMINATI

Siapa yang tidak suka berwisata, kegiatan menyenangkan satu ini memang banyak digemari banyak orang, mulai dari anak-anak, remaja, hingga orang tua senang dengan kegiatan berwisata, selain bisa mengunjungi tempat-tempat baru , wisata juga dapat menghilangkan penat dan merefresh otak  kita.

Banyak tempat yang bisa dijadikan sebagai objek wisata, seperti kebun binatang, pantai, gunung, waterboom, dan masih banyak lagi  tempat wisata lainnya yang menarik untuk dikunjungi.

Namun , selain tempat wisata tersebut, ada juga wisata alternatif yang tak kalah seru jika dibandingkan dengan wisata lainnya, yakni Wisata Delman.Dengan menggunakan kendaraan Delman, anda bisa berwisata mengelilingi alam pedesaan, menghirup udara segar, dan melihat banyak pemandangan yang sangat jarang anda lihat ketika berada di kota.

Meski termasuk salah satu transportasi kuno, namun keberadaan Delman ternyata menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan yang hendak menikmati pemandangan alam di pedesaan.

Di wilayah utara Jember, tepatnya di Desa Kalisat Kecamatan Kalisat, anda dapat menikmati Wisata Delman ini, biaya yang dikeluarkanpun juga tak mahal, dengan uang Rp.5.000,- saja , anda sudah bisa menikmati wisata delman ini.

Banyak orang yang berminat untuk mencoba berwisata dengan transportasi kuno ini, terlebih pada hari libur, banyak orang yang datang ke Desa Kalisat hanya untuk berwisata Delman.

“Saya senang naik delman ini, terlebih anak-anak saya, mereka sangat senang ketika diajak jalan-jalan dengan naik delman, biasanya kalau libur mereka minta untuk naik delman, yang lebih senang lagi karena biaya yang dikeluarkan pun cukup murah” Ujar Suhra, Salah seorang peminat wisata Delman.

Hal yang sama juga dikatakan peminat wisata delman lainnya, Jimi, Ia mengatakan bahwa wisata delman sangat menyenangkan , karena kita bisa melihat pemandangan alam dengan biaya yang cukup murah .

“saya senang kalau jalan-jalan naik delman, biasanya saya mengajak putri saya, saya kalau naik delman, biayanya gak mahal dan saya berasa seperti ada dijaman dulu gitu, naik delman, keliling desa, apalagi saya kan kerjanya di luar kota Jember, jadi kalau missal pulang, saya mengajak putri saya ini naik delman”Ungkapnya.

Wisata Delman memang bukanlah hal yang baru, karena sudah sejak lama wisata delman ini ada, jika dahulu moda transportasi ini dijadikan sebagai salah satu moda transportasi utama, namun sudah jarang lagi  untuk saat ini, perkembangan jaman yang semakin modern membuat moda transportasi kuno ini hampir saja tidak eksis lagi.

Untuk itu, para pemilik Delman berfikir bagaimana caranya agar Delman tetap eksis meski zaman sudah semakin berkembang, seperti yang dikatakan salah seorang Kusir Delman, Suyanto “Kalau dulu itu delman ramai sekali, namun sekarang sudah ada mobil, sepeda motor juga sudah banyak orang yang punya, jadi jarang orang yang menggunakan delman lagi untuk transportasi, untuk itu kami juga menawarkan jasa jalan-jalan , mau diantar keliling kemana, permintaannya keliling dimana, itu kami antar,biasanya kebanyakan kalau ramai itu pas hari liburan, dan biasanya orang-orang minta diantar keliling desa saja, biayanya juga tidak mahal”Ujarnya.

Berwisata dengan menggunakan Delman memang terasa menyenangkan, Bagi anda yang masih belum pernah mencoba berwisata dengan menggunakan Delman dan keliling Desa, anda boleh mencobanya di Desa Kalisat ini.

Oleh : Fera Dwi Aprilianti

No Response

Comments are closed.